Kamus Hukum : Arbitrase dan Hukum Udara



Dalam Hukum Internasional terdapat lembaga penyelesaian sengketa non – pengadilan atau istilah nya yaitu Alternative Dispute Resolution (ADR). Kali ini ManifesT akan membahas tentang Kamus Hukum Internasional yakni Arbitrase dan Hukum Udara.

Pengertian Arbitrase menurut UU No. 30 Tahun 1999 tentang Arbitrase adalah cara penyelesaian suatu sengketa perdata di luar pengadilan umum yang di dasarkan pada perjanjian arbitrase yang dibuat secara tertulis oleh para pihak yang bersengketa.
Hukum Udara (Air Law) adalah serangkaian ketentuan nasional dan Internasional mengenai pesawat, navigasi udara, pengangkutan udara komersial dan semua hubungan hukum, publik maupun perdata, yang timbul dari navigasi udara domestik dan Internasional ( M. Le. Goof ).

Hukum Udara secara nasional diatur dalam perjanjian , baik perjanjian Bilateral maupun Multilateral yang didalamnya mengatur tentang hak-hak penerbangan, rute-rute penerbangan, kapasitas pengangkut udara, dan tarif jasa pengangkut jasa udara.
Hukum Udara secara Internasional terbentuk atas adanya beberapa Convention / Konvensi Internasional tentang Hukum Udara diantara lain :
- Konvensi Chicago 1944 tentang konvensi Penerbangan Sipil, Persetujuan Transit Udara Internasional, dan Persetujuan Transportasi Udara Internasional.
- Konvensi Tokyo 1963 tentang konvensi mengenai kejahatan dalam penerbangan.

Ditulis oleh: Aditya D.

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.