Tak Hanya di Bidang Akademik, Kemampuan Mahasiswa FH UB Diasah Melalui Belajar MC Goes to Campus



ManifesT - Malang  (14/11) Pagi ini acara Belajar MC Goes to Campus yang diadakan di Ruang Sidang MK lantai 6 Fakultas Hukum Universitas Brawijaya (FH UB) berlangsung meriah. Antusias para penonton yang hadir saat itu juga sangat bagus. Acara ini merupakan program kerja dari Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) BEM FH UB periode 2017. Program ini diadakan karena komunitas MC (Master of Ceremony) FH UB kekurangan anggota, kemudian keahlian para mahasiswa dan mahasiswi FH UB yang kurang dalam bidang MC, juga kurangnya ilmu tentang menjadi MC yang baik dan benar. Acara ini dipandu oleh Alfiansyah Rangga yang merupakan anggota komunitas MC FH UB. Sambutan dari perwakilan Kemenpora dan Presiden BEM mengawali rangkaian acara yang dimulai pukul 10.00-11.00 WIB. Mengutip sambutan dari Presiden BEM FH UB, Rizky Firmansyah, diharapkan dengan diadakannya acara ini, dapat memunculkan bibit-bibit MC baru yang unggul. Lalu dilanjutkan dengan sambutan dari perwakilan Kemenpora, Uwais, ia menjelaskan bahwa acara ini sangatlah bagus dan diharapkan mahasiswa yang mengikuti acara ini dapat menambah ilmu dan pengalaman tentang MC.

Selanjutnya, rangkaian utama dari acara ini adalah pemberian materi oleh dua orang yang sangat berpengalaman dalam bidang MC, mereka adalah Oneng Sugiharta dan Rheza Tan. Oneng yang merupakan owner Belajar MC, sekaligus MC kondang di Malang dan pernah menjadi Music Direction di situs KapanLagi ini mengemas rapi materi yang disampaikan sehingga menjadi menarik. Pria asal Malang ini mengatakan bahwa menjadi MC adalah salah satu pekerjaan yang kini mulai diminati oleh banyak orang. Ia juga mengatakan bahwa dulu ia belajar MC dari Sony Darsono, hingga akhirnya bisa menjadi seperti saat ini. Kemudian Oneng juga memberikan pembekalan tentang tata cara penempatan diri sesuai dengan acara yang dibawa (terdiri dari formal, non formal, semi formal). Jadi, materi ini menekankan pada sisi pengaturan bahasa tubuh yang baik dan benar. Pemateri kedua, Rheza Tan, mengatakan bahwa kemampuan MC itu dapat dipelajari dengan sungguh-sungguh, bukan murni bakat. Karena awalnya ia adalah seorang vokalia, lalu tertarik dalam bidang MC dan berlanjut sampai sekarang ini. Ia juga merupakan salah satu anggota dari Belajar MC. Rheza menjelaskan menjadi MC juga sekaligus melatih keberanian/kepercayadirian tampil di depan umum karena menjadi seorang MC akan langsung berhadapan dengan penonton.

Pada pertengahan acara, ada beberapa mahasiswa dan mahasiswi yang bersedia maju untuk langsung berlatih menjadi MC. Mereka maju dan menampilan gaya MC mereka masing-masing. Selanjutnya, Oneng memberikan pengarahan lebih jauh agar kesalahan yang dilakukan oleh para peserta yang maju tidak kembali terulang. Pada penghujung acara, Oneng serta Rheza berbagi pengalaman menarik mereka selama menjadi MC. Acara ini akan kembali diadakan apabila banyak mahasiswa dan mahasiswi yang antusias untuk belajar MC. Harapannya acara ini akan kembali hadir di kemudian hari karena acara ini sangat bermanfaat dan mampu mengasah kemampuan mahasiswa untuk bisa menjadi MC yang baik dan benar. (lip/vns)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.